Jenis Jenis Email beserta Contohnya

Jenis-jenis Email beserta Contohnya - setelah kita membahas pengertian e-mail dan cara membuat email , sekarang kita akan membahas jenis-jenis mail, dilihat dari layanan yang diberikan , ada 3 jenis email yang saat ini digunakan, yaitu POP mail, Email berbasis Web, dan Email Forwarding, dari tiga jenis email tersebut mempuyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

jenis jenis email dan pengertiannya dan contohnya, jenis email gratis, jenis jenis email beserta contohnya pengertiannya email client gratis  dan email yahoo

Jenis-jenis e-mail

1. POP Mail

POP Mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider (ISP) yang menjadi langganan anda. Ketika seseorang mengirimkan email ke alamat email kita, email tersebut tidak akan dikirim ke komputer yang kita gunakan, melainkan disimpan dikomputer yang menjadi server email milik ISP langganan. Email tersebut akan dikirimkan ke komputer kita ketika kita melakukan login menggunakan akun email kita. baca juga cara mengirim file lewat email. Baca juga Fungsi ISP dalam akses internet

Kelebihan POP Mail 

Pop Mail adalah email yang dapat membaca dalam kondisi offline, pengecekan email dapat kita lakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload email email dari server server email, dan  memutuskan hubungan dengan internet. Setelah email didownload kita dapat membacanya satu satu dalam keadaan offline.

Mendownload Email dari Server

Untuk memdownload email dari server alamat email adalah terlebih dahulu kita harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express dikomputer yang kita gunakan,dan jangan lupa mengatur programnya supaya email dapat terbaca.

Kekurangan POP Mail

Kekurangan dari POP Mail ini adalah kita tidak dapat membuka email dari sembarang tempat, jika kita ingin membuka email dikomputer yang berbeda maka kita perlu mengatur ulang kembali seluruh pengaturannya. Selain itu jika kita menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya besar file yang didownload dan bukan berdasarkan lama waktu berkoneksi,biaya yang dikeluarkan akan sama saja.

2. Email Berbasis Web

Email berbasis web adalah layanan email yan ditawarkan oleh situs-situs penyedia jasa layanan email, seperti Yahoo, GMail, Lycos Mail, Windows Live Hotmail, dan lain-lain. Layanan email jenis ini biasanya diberikan gratis oleh situs yang bersangkutan. baca juga Pengertian Email dan Fungsinya

Kelebihan dan Kekurangan Email Berbasis Web

Kelebihan dari email ini adalah biasanya diberikan secara gratis, selain itu kamu dapat mengecek email dari mana saja. Kekurangan dari email jenis ini adalah untuk membaca email kita harus dalam kondisi online sehingga membutuhkan biaya koneksi internet yang lebih besar .

Walaupun demikian, beberapa situs penyedia jasa layanan email juga disertai dengan fasilitas POP3. Fasilitas ini memungkinkan pengguna membaca dalam keadaan offline, seperti email POP.

3. Email Forwarding

Email Forwarding adalah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya kedalam email yang lain. Email jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat email.

Kelebihan dan Kekurangan Email Forwarding

Kelebihan daripada email forwarding adalah kita dapat menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya. Selain itu, bila kamu mengganti alamat email, kita tidak perlu memberi tahu alamat email yang baru, kita cukup memberi alamat email forwarding.
Kekurangan email forwarding adalah hanya bersifat perantara dan harus meneruskan email yang diterima ke alamat yang lain, dan email tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai kepada alamat email yang sesungguhnya. sekian mengenai jenis jenis email semoga dapat memberikan pencerahan.terimakasih.

Label: