Fungsi Utama CPU Pada Komputer

Fungsi Utama CPU Pada Komputer – CPU berasal dari bahasa Inggris : Central Processing Unit; CPU), merujuk pada perangkat keras komputer yang mendalami dan menjalankan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, lebih sering dalam satu buah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini sudah biasa digunakan dan menjadi hal mutlak dalam aplikasi CPU.

Fungsi utama CPU
CPU mempunyai fungsi seperti kalkulator, namun bedanya CPU jauh lebih kuat daya dalam pemrosesannya. Fungsi penting dari CPU yaitu menjalankan operasi aritmatika dan logika pada data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui sekian banyak perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, ataupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Baca juga : Pengertian Perangkat Lunak dan Fungsinya
 
Fungsi Utama CPU Pada Komputer


Software tersebut akan dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari alat penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, ataupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut selanjutnya disimpan terlebih dulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang dinamakan alamat memori. Selanjutnya, CPU bisa mengakses data-data pada MAA dengan memastikan alamat data yang dikehendaki.

Ketika suatu program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke suatu unit yang dinamakan dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan MAA. Data itu didekode dengan menggunakan unit proses yang dinamakan pendekoder instruksi yang bisa menerjemahkan instruksi.

Data selanjutnya berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data mungkin disimpan sementara oleh ALU dalam suatu ruang memori yang dinamakan dengan register agar bisa diambil kembali dengan segera buat diolah.

ALU akan melaksanakan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian keadaan pada data dalam register, sampai mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, fasilitas penyimpan, atau register jika dapat mengolah hasil pemrosesan lagi.

Sewaktu proses ini berjalan, satu buah unit dalam CPU yang dinamakan dengan penghitung program akan mengawasi instruksi yang berhasil dijalankan agar instruksi tersebut dapat dieksekusi dgn urutan yg benar dan tepat.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Fungsi Utama CPU Pada Komputer

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Tweet

Label: