Pengertian Router dan Fungsinya

Pengertian Router dan Fungsinya  - Apa itu Router ? Router adalah salahsatu dari macam-macam perangkat keras komputer jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama ataupun jaringan yang berbeda dari sudut teknologinya, seperti menghubungkan jaringan yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring.

Router merupakan satu buah fasilitas yang mengirimkan paket data lewat suatu jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui proses yang dikenal dengan sebutan routing. Proses routing ini berlangsung dalam lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi juga sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk menyambungkan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

Router berbeda dengan switch. Switch adalah penghubung berbagai fasilitas untuk membuat satu buah jaringan LAN (Local Area Network).

Kita ambil satu contoh !!!
Sebagai ilustrasi, perbedaan fungsi dari router dan switch. Switch adalah satu buah jalanan dan router sebagai jembatannya. Di jalan tersebut terdapat beberapa rumah, dan masing-masing rumah mempunyai alamat dalam sebuah urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai fasilitas, di mana masing-masing fasilitas mempunyai alamat IP sendiri pada suatu LAN. baca Pengertian LAN MAN WAN dan PAN

Jenis Router
Router sangat diperlukan dalam sebuah jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis ini disebut degan IP Router. Selain IP Router, ada juga AppleTalk Router, dan masih banyak lagi jenis router yang sekarang beredar luas dipasaran.

Fungsi Router
Router bisa digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke suatu jaringan yang lebih besar, yang sering kita sebut dengan istilah internetwork. Atau fungsi router adalah untuk membagi satu buah jaringan besar ke dalam sekian banyak subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga menopang manajemennya.

Selain digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil, Router juga terkadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan sarana yang berbeda.

Seperti halnya Router Wireless yang pada umumnya akan menghubungkan satu unit komputer dengan memanfaatkan radio. Selain itu, router ini mensupport penghubungan komputer dengan sebuah kabel UTP, atau berbeda arsitektur jaringan seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring. Baca : Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya

Router juga bisa menghubungkan LAN ke satu buah pelayanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan menghubungkan LAN ke satu buah koneksi leased line seperti T1, atau T3, yang sering disebut dengan access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke suatu koneksi DSL dinamakan dengan DSL router.

Jenis-jenis Router tersebut biasanya mempunyai fungsi firewall untuk melaksanakan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meskipun kebanyakan router tidak memilikinya. Router yang memiliki feature penapisan paket disebut packet-filtering router.

Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast. Sehingga hal ini dapat mencegah adanya broadcast storm yang dapat memperlambat kinerja jaringan.

Bagaimana Cara Kerja Router?
Fungsi penting Router adalah merutekan paket (berita). Suatu Router mempunyai kekuatan Routing, artinya Router dengan cara cerdas bisa mengetahui kemana jalur perjalanan berita (paket) dapat dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang masih satu jaringan ataukah kepada host yang berada di jaringan yang berbeda.

Bila paket-paket ditujukan untuk host pada suatu jaringan lain, maka router dapat meneruskannya ke jaringan tersebut. Sebaliknya, apabila paket-paket ditujukan untuk host yang satu jaringan, maka router dapat menghalangi paket-paket ke luar.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Pengertian Router dan Fungsinya

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Tweet

Label: