Protokol Jaringan dan Jenis-jenisnya

Pengertian Protokol dan Jenisnya - Prokol  ialah satu buah aturan atau standar yg mengatur atau mengizinkan terjadinya interaksi, komunikasi, & perpindahan data antara dua atau lebih titik computer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yg terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Protokol Jaringan dan Jenis-jenisnya

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) 

Merupakan standar komunikasi data yg dipakai oleh populasi internet dalam proses tukar-menukar data dari satu pc ke pc lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah mampu berdiri sendiri, sebab benar-benar protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini pun yaitu protokol yg paling tidak sedikit dipakai diwaktu ini. Data tersebut diimplementasikan dalam wujud perangkat lunak (software) di system operasi. Istilah yg diberikan pada perangkat lunak ini yakni TCP/IP stack. Pada TCP/IP terdapat sekian banyak protokol sub yg menangani masalah komunikasi antar pc. TCP/IP mengimplemenasikan arsitektur berlapis yg terdiri atas empat lapis, diantaranya merupakan :

Protokol lapisan penerapan

Protokol lapisan antar-host

Protokol lapisan internetwork

Protokol lapisan antarmuka jaringan

UDP ( User Datagram Protokol) 

UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, ialah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yg beri dukungan komunikasi yg tak andal (unreliable), tidak dengan koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yg memanfaatkan TCP/IP.

Connectionless (tidak dengan koneksi) : Pesan-pesan UDP dapat dikirimkan tidak dengan mesti dilakukan proses negosiasi koneksi antara dua host yg hendak berukar info. baca juga cara mempercepat koneksi internet wifi

Unreliable (tak andal) : Pesan-pesan UDP bakal dikirimkan yang merupakan datagram tidak dengan adanya nomer urut atau pesan acknowledgment. Protokol lapisan penerapan yg terjadi di atas UDP mesti melaksanakan pemulihan pada pesan-pesan yg hilang tatkala transmisi.

UDP sediakan mekanisme utk mengirim pesan-pesan ke satu buah protokol lapisan penerapan atau proses tertentu di dalam suatu host dalam jaringan yg memakai TCP/IP. Header UDP berisi field Source Process Identification & Destination Process Identification.

UDP sediakan penghitungan checksum berukuran 16-bit pada total pesan UDP.

Domain Name system(DNS) 

Domain Name Sistem (DNS) yakni distribute database sistem yg dipakai utk pencarian nama pc(name resolution) di jaringan yg mengunakan TCP/IP (Transmission ControlProtocol/Internet Protocol). DNS biasa difungsikan pada penerapan yg mengakses ke Internet seperti website browser atau e-mail, di mana DNS menopang memetakan host name suatu computer ke IP address. Tidak Hanya diperlukan di Internet, DNS bisa juga di implementasikan ke private network atau intranet di mana DNS mempunyai keunggulan seperti :

Gampang, DNS amat enteng sebab user tak lagi direpotkan utk mengingat IP address satu buah pc lumayan host name (nama Computer).

Terus, IP address satu buah pc dapat beralih tetapi host name tak beralih.

Simple, user cuma memakai satu nama domain utk mencari baik di Internet ataupun di Intranet.

Point-to-Point Protocol 

Point-to-Point Protocol (tidak jarang disingkat jadi PPP) merupakan suatu protokol enkapsulasi paket jaringan yg tidak sedikit diperlukan pada wide area network (WAN). Protokol ini yaitu standar industri yg terjadi pada lapisan data-link & dikembangkan pada awal th 1990-an yang merupakan respons pada masalah-masalah yg berjalan pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yg cuma mensupport pengalamatan IP statis pada para kliennya. Di Bandingkan dgn pendahulunya (SLIP), PPP jauh tambah baik, mengingat kerja protokol ini lebih serentak, menawari koreksi kesalahan, & negosiasi sesi dengan cara dinamis tidak dengan adanya intervensi dari kastemer. Terkecuali itu, protokol ini pula beri dukungan tidak sedikit protokol-protokol jaringan dengan cara simultan.

Serial Line Internet Protocol

Serial Line Internet Protocol dianggap mengenai erat dgn pengertian berikut
Disingkat dgn SLIP. Satu Buah protokol yg mengijinkan pemindahan data IP lewat saluran telephone. Media bantu yang lain dalam SLIP yaitu PPP yg mendeteksi kesalahan & konfigurasi. System ini memerlukan satu pc server yang merupakan penampungnya, & dengan cara perlahan-lahan bakal digantikan oleh standar PPP yg mempunyai kecepatan proses lebih tinggi.

Internet Control Message Protocol (ICMP) 

ialah salah satu protokol inti dari keluarga. ICMP tidak serupa maksud dgn TCP & UDP dalam elemen ICMP tak difungsikan dengan cara serta-merta oleh penerapan jaringan milik costumer. salah satu pengecualian merupakan penerapan ping yg mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) buat tentukan apakah pc maksud bakal dijangkau & berapa lama paket yg dikirimkan dibalas oleh computer maksud. protokol internet. ICMP utamanya dimanfaatkan oleh system operasi pc jaringan utk mengirim pesan kesalahan yg menyebut, sbg sample, bahwa computer maksud tak mampu dijangkau.

POP3 (Post Office Protocol) 

POP3 yakni kepanjangan dari Post Office Protocol versi 3, yaitu protokol yg dipakai buat membawa email dari email server. Protokol POP3 dibuat sebab rancangan dari system email yg mengharuskan adanya email server yg menampung email buat sementara hingga email tersebut diambil oleh penerima yg mempunyai wewenang. Kedatangan email server ini disebabkan kenyataan cuma sebahagian mungil dari pc penerima email yg terus-menerus jalankan koneksi ke jaringan internet.

IMAP (Internet Message Access Protocol) 

IMAP (Internet Message Access Protocol) ialah protokol standar utk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP mengijinkan customer pilih pesan e-mail yg bakal dia ambil, menciptakan folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yg ada. Kebolehan ini jauh tambah baik daripada POP (Post Office Protocol) yg cuma memperbolehkan kita mengambil/download seluruh pesan yg ada tidak dengan kecuali.

ialah sebuah protokol yg umum diperlukan buat pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini pakai buat mengirimkan data dari pc pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Buat memanfaatkan SMTP dapat dari Microsoft Outlook. umumnya buat memanfaatkan SMTP di butuhkan settingan :

1. Email Address : sampel —> anda@domainanda.com
2. Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
3. Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
4. Account Name : anda@domainanda.com
5. password : kata sandi yg sudah kamu utk pada awal mulanya

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) 

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) sebuah protokol yg diperlukan oleh WWW (World Wide Website). HTTP mendefinisikan gimana satu buah pesan dapat diformat & dikirimkan dari server ke client. HTTP pula mengatur aksi-aksi apa saja yg mesti dilakukan oleh situs server & pula website browser yang merupakan respon atas perintah-perintah yg ada dalam protokol HTTP ini.

Misalnya jika kita mengetikkan satu buah alamat atau URL pada internet browser sehingga situs browser bakal mengirimkan perintah HTTP ke situs server. Website server setelah itu dapat menerima perintah ini & jalankan kegiatan tepat dgn perintah yg diminta oleh website browser. Hasil gerakan tadi dapat dikirimkan kembali ke situs browser buat ditampilkan pada kita.

HTTPS

https ialah version aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Situs. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation buat sediakan autentikasi & komunikasi tersandi & pemakaian dalam komersi elektris. Tidak Cuma memanfaatkan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi memanfaatkan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Ke-2 protokol tersebut memberikan perlindungan yg memadai dari serangan eavesdroppers, & man in the middle attacks. Pada biasanya port HTTPS yaitu 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser website & perangkat lunak server & didukung oleh algorithma penyandian yg aktual.
Oleh dikarenakan itu, pada halaman website difungsikan HTTPS, & URL yg dimanfaatkan dimulai dgn ‘https : //’ bukan dgn ‘http : //’

SSH(Sucure Shell)

SSH yakni protocol jaringan yg mengizinkan pertukaran data dengan cara aman antara dua pc. SSH akan dipakai utk mengendalikan pc dari jarak jauh mengirim file, menciptakan Tunnel yg terrenkripsi & lain-lain. Protocol ini memiliki kelebihan disbanding protocol yg sejenis seperti Telnet, FTP, Danrsh, lantaran SSH mempunyai sistem Otentikasi,Otorisasi, & ekripsinya sendiri. Dgn demikian keamanan suatu sesi komunikasi lewat pertolongan SSH ini jadi lebih terjamin.
Baca juga pengertian lengkap SSH Sucure Shell

SSH Server

Telnet (Telecommunication network) 

Yakni satu buah protokol jaringan yg dipakai di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 & distandarisasi yang merupakan IETF STD 8, salah satu standar Internet mula-mula. TELNET mempunyai sekian banyak keterbatasan yg dianggap juga sebagai risiko keamanan.

FTP ( File Transfer Protocol )
FTP ( File Transfer Protocol ) yakni suatu protocol internet yg terjadi di dalam lapisan penerapan yg yaitu standar buat pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam satu buah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) buat komunikasi data antara klien & server, maka diantara ke-2 komponen tersebut dapat dibuatlah suatu sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. FTP cuma memanfaatkan metode autentikasi standar, adalah memakai User name & paswordnya yg dikirim dalam wujud tak terenkripsi. Pengguana tercatat akan memanfaatkan username & password-nya buat mengakses,men-dawnload ,& meng- updlot berkas- berkas yg beliau kehenaki. Rata-rata, para konsumen list mempunyai akses penuh terdapat berapa direkotri , maka mereka akan berkas , memuat dikotri & bahkan menghapus berkas. Konsumen yg belum tercatat bisa pula memakai metode anonymous login,adalah dgn memakai nama costumer anonymous dan kata sandi yg diisi dgn memakai alamat e-mail. Suatu server FTP diakses dgn memakai Universal Resource Identifier (URI) dgn memanfaatkan format ftp : //namaserver. Klien FTP mampu menghubungi server FTP dgn terhubung URI tersebut.

Maksud FTP server yaitu sbg beikut :

Buat men-sharing data.

Utk sediakan indirect atau implicit remote komputer.

Buat sediakan ruangan daya simpan bagi User.

Buat sediakan tranper data yg reliable & efisien.

LDAP

LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) merupakan protokol perangkat lunak utk mengizinkan seluruh orang mencari resource organisasi, perorangan & yang lain, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP mencetak satu buah direktori yg berisi hirarki pohon yg mempunyai cabang, sejak mulai dari negeri (countries), organisasi, departemen hingga dgn perorangan. Dgn memakai LDAP, seorang bisa mencari kabar berkenaan orang lain tidak dengan mengetahui area orang yg dapat dicari itu.

SSL (Secure Socket Layer) 

SSL (Secure Socket Layer) yaitu arguably internet yg paling tidak sedikit diperlukan utk enkripsi. Ditambah lagi, SSL difungsikan tak cuma keamanan koneksi website, tapi utk beraneka ragam penerapan yg memerlukan enkripsi jaringan end-to-end.

Secure Sockets Layer (SSL) adalah system yg diperlukan utk mengenkripsi
pengiriman info pada internet, maka data bisa dikirim dgn aman. Protokol SSL mengatur keamanan & integritas memanfaatkan enkripsi, autentikasi, & kode autentikasi pesan

Label: