Sejarah Perkembangan Internet dari Awal Sampai Sekarang

Sejarah Perkembangan Internet dari Awal Sampai Sekarang - Sebagian besar penduduk dunia saat ini sudah memanfaatkan internet, bahkan bisa dikatakan seluruh rakyat yang ada dibelahan dunis khususnya di daerah perkotaan sudah mengenyam akses internet. Meskipun demikian, ternyata masih banyak orang yang belum  menikmati akses menuju internet.

Penyebab internet belum masuk ke daerah terpencil karena daerah yang terlampaui jauh untuk dijangkau jaringan internet serta kurangnya perhatian dari pemerintah setempat akan kebutuhan internet dalam kehidupan terlebih untuk dunia pendidikan.

Sejarah Internet

Tahukah Kamu? Sejarah Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer pada tahun 1960. Apa itu jaringan komputer? Seperti yang sudah dibahas dalam postingan sebelumnya dalam artikel yang berjudul " pengertian jaringan komputer dan manfaatnya ". Namun secara singkat jaringan komputer dapat artikan sebagai sekumpulan komputer-komputer yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel dalam satu ruang yang sama, seperti kantor, sekolah, perusahaan dan lain-lain

Sejarah Perkembangan Internet dari Awal Sampai Sekarang

Perkembangan internet dunia sangatlah pesat. Bagaimana tidak, pasalnya setiap orang menggunakan internet setiap harinya, jika sebelumnya internet hanya bisa dinikmati oleh beberapa orang tertentu saja dan fungsinya terbatas. Saat ini, seluruh orang dapat menggunakan internet dengan akses informasi yang jauh lebih luas dan fungsi yang lebih ber macam-macam.

Hal itu tentu ditenggarai oleh penemuan-penemuan hebat yang ada di internet itu sendiri. Bisa saja hanya penduduk daerah pedesaan di Indonesia saja yang belum terdapat akses internet, sebab pembangunan jaringan internet di Indonesia kurang merata.

Kita yang merupakan pengguna internet di era yang modern ini pastinya sangat berguna apabila menggali ilmu tentang sejarah perkembangan internet. Sebagai tanda terimakasih kita karena interent saat ini sudah mengubah peradaban dunia. Sebab kami rasa banyak orang yang sangat tergantung kepada internet dalam kehidupan sehari-harinya, dari facebookan, twitteran, instagram, main game online dan lain-lain.

Baca juga : Pengertian Internet dan Manfaat

Sejarah Internet dari Awal Sampai Sekarang


1957
Uni Sovyet (kini Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

1958
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah suatu badan didalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA) bertujuan supaya Amerika Serikat bisa meningkatkan ilmu pengetahuan dan technologi negeri tersebut. Salah satu sasarannya ialah tehnologi komputer.

1962
Sejarah dimulai pada tanggal Agustus 1962 dan pembuat internet pertama kali dikemukakan oleh seorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Rencana awal disebut “Galactic Network” oleh dia. J.C.R Licklider menyampaikan tentang dengan cara apa jaringan global yg memungkinkan orang bisa terhubung data dan program dari mana saja.

Pada Oktober 1962, J.C.R Licklider memimpin program penelitian komputer di ARPA yaitu bidang dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.
Sejarah Perkembangan Internet dari Awal Sampai Sekarang
https://en.wikipedia.org/wiki/J._C._R._Licklider
Proyek dari ARPANET yaitu membuat rancangan suatu bentuk jaringan, kehandalan dan seberapa besar informasi akan dipindahkan. yang hasilnya seluruhnya standar yg mereka memastikan jadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang saat ini kita kenal dgn istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Sejarah awal dibangunnya proyek itu adalah demi kepentingan militer. Ketika itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) menciptakan sistem jaringan komputer yang menyebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir. Dan untuk menghindari terjadinya kabar terpusat, yang jika terjadi perang akan mudah dihancurkan.

1960
Teori packet-switching sudah dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

1965
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.

1966
Pada tahun 1966, seorang ilmuan yang berasal dari Amerika, Larry Roberts mengembangkan gagasan jaringan komputer. Setelah Itu Larry Roberts merencanakan jaringan yang dinamakan dengan ARPANET yang dipublikasikan sekitar tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET sudah melibatkan empat buah komputer yg terkoneksi.

Sejarah internet juga dimulai dengan komputer pertama yang berada di University of California Los Angeles, komputer kedua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan komputer ke empat berada di University Utah.

1968
Jaringan Tymnet dibuat.

1971
Pada thn 1971, jumlah komputer yg terhubung ke ARPANET mencapai 14 komputer. Pada tahun ini protokol Telnet dan FTP sukses dibangun. Pada tahun 1972, Larry Roberts & Bob Kahn memperkenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang di selenggarakan di Washignton DC.

Sejarah Perkembangan Internet - Pada thn 1972, Ilmuan yang berasal dari New York Amerika serikat Ray Tomliinson memeparkan program yg mengizinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Ray Tomliinson yg membuat desain konversi “user@host.” Di tahun ini juga ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data.

Pada tahun yang sama, ARPA berubah nama menjadi DARPA. Penambahan huruf "D" berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang dimulai dari University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.

1971
Anggota jaringan ARPANET bertambah jadi 23 buah node komputer, yg terdiri atas komputer-komputer utk riset milik pemerintah Amerika Serikat & kampus.

1972
Suatu kelompok kerja yang dinamakan dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga menciptakan standar-standar utk jaringan komputer, termasuk juga di antaranya ialah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yg setelah itu dinamakan juga sebagai "Bapak Internet".

1974
Vint Cerf & Bob Kahn mempublikasikan spek detil protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".

1974
Bolt, Beranet dan Newman (BBN), pontraktor utk ARPANET, mengakses suatu version komersial dari ARPANET yang mereka sebut Telenet.

1977
Telah ada 111 perangkat komputer yg sudah terhubung ke ARPANET.

1978
Protokol TCP dipecah jadi dua bagian, yaitu Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP). Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini bermanfaat untuk meneransfer file. Pada thn 1979, News grup yg diberi nama USENET beroperasi dgn basic UUCP. Penciptanya yaitu Tom Truscott, Jim Ellis dan Steven Bellovin dari Kampus North Carolifornia. Pengguna dari seluruh dunia bergabung ke kelompok diskusi ini untuk membicarakan masalah jaringan, politik, agama topok-topik yang lainnya.

Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah dan jadi bagian hidup manusia. Tahun ini tertulis ARPANET sudah mempunyai anggota sampai 213 host yang terakses. Pelayanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai dgn menyediakan pelayanan e-mail, mailing list dan File Transfer Protocol (FTP).

1982
Sejarah internet pada thn 1982 DCA atau Defense Communication Agency & DARPA mencetak protokol yg dinamakan TCP/IP utk ARPANET. Setelah Itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyebut TCP/IP sbg satu buah standar. Pada saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang menggunakan TCP/IP juga sebagai protokol.

1983
John Postel, Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name Sistem (DNS) dan mengusulkan system pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Pada thn 1984 DNS dikenalkan di internet dgn menyebut nama-nama kategori domain seperti . gov, .mil,.org,.net dan.com .

1986
Pada thn 1986 TCP/IP sejak mulai tersedia dalam workstaiton dan computer. Tahun ini juga National Science Foundation mendanai NSFNET yang merupakan tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps & mengatur internet hanya ditujukan utk kebutuhan riset dan pemerintah yg bersifat non-komersial.

1986
Dikenalkan system nama domain, yang saat ini dikenal dgn DNS (Domain Name Sistem) yang berfungsi untuk menyeragamkan system pemberian nama alamat di jaringan komputer.

2000-an
Internet berkembang demikian pesat, faktor ini bisa dibuktikkan dengan munculnya milyaran website didunia. Dan usaha digital juga sudah jadi trend di berkat perkembangan dari internet.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Sejarah Perkembangan Internet dari Awal Sampai Sekarang

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Tweet

Label: