Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya

Jenis-jenis Jaringan Komputer- Setalah kita membahas pengertian jaringan komputer dan manfaat jaringan komputer, maka kali ini kita akan membahas jenis-jenis jaringan komputer dan diteruskan kepada pembahasan perangkat jaringan komputer. Dilihat dari fisik, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan kabel dan jaringan nirkabel (wireless network) jaringan kabel adalah jaringan kabel yang adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Adapun jaringan nirkabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan menggunakan gelombang radio. Baca juga : Pengertian Jaringan Komputer

Jenis-jenis jaringan komputer

Jika dibandingkan dengan jaringan kabel, jaringan nirkabel memiliki kelebihan karena kemampuannya untuk bergerak. seiring dengan semakin tingginya mobilitas manusia, jaringan nirkabel merupakan solusi yang tepat sebagai sarana komunikasi. Dengan jaringan nirkabel akses informasi dapat dilakukan di mana saja tanpa harus diam di tempat tertentu.

Selain itu jaringan nirkabel memiliki kemampuan mentranmisikan data dengan lebih baik dan cepat dan kemudahan dalam instalasi karena tidak perlu menarik kabel. Oleh karena kemudahan instalasi ini, jaringan nirkabel sering digunakan di sekolah, kampus, hotel, dan restoran atau cafe.
Dibalik kelebihan yang dimiliki, jaringan nirkabel juga memiliki kelemahan, yaitu data yang dikirim melalui jaringan tersebut rawan terhadap penyadapan. Jaringan nirkabel sebenarnya dilengkapi dengan sistem keamanan enkripsi Wep Key (Wired Equivalent Privacy), Namun sistem ini sangat mudah dipecahkan sehingga data dapat mudah disadap.
Oleh karena itu, jika mengakses internet melalui jaringan nirkabel, anda harus berhati-hati dengan data yang penting seperti User ID dan Password.
Dilihat dari area yang dijangkau, jairngan komputer dapat dibedaka menjadi beberapa jenis jaringan komputer.
1. Jaringan LAN
2. Jarngan MAN
3. Jaringan WAN
4. Intranet
5. Internet
Untuk mengetahu perbedaan diantara ke lima jaringan komputer tersebut , Anda bisa membacanya dalam postingan jang berjudul : pengertian LAN MAN dan WAN dan pengertian Intranet dan Internet.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Tweet

Label: