Pengertian LAN MAN WAN dan PAN beserta Gambarnya

Pengertian LAN MAN WAN dan PAN - Apa itu jaringan LAN MAN WAN dan PAN? dan apa perbedaan dari jaringan tersebut? Setelah kita membahas pengertian intranet dan internet maka sekarang kita akan membahas suatu jaringan komputer, dan manfaat jaringan komputer serta perangkat jaringan komputer, jaringan komputer jika dilihat dari luas area yang dicakup dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Pengertian man lan wan
1. Jaringan LAN
Jaringan LAN adalah suatu jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya jaringan LAN dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi tertentu. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat pada gedung tersebut. Komputer komputer dihubungkan untuk berbagi sumber daya yang ada, misalnya printer agar dapt digunakan bersama-sama. Selain itu, jaringan LAN juga memungkinkan komputer-komputer dapat saling berkomunkasi dan saling bertukar data dan informasi. Baca juga : Pengertian Jaringan Komputer
Komputer yang terhubung kedalam jaringan LAN kebanyakan hanya berjarak beberapa puluh meter, Umumnya  LAN digunakan  untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam satu lokasi saja.

2. Jaringan MAN
MAN merupaka singkatan dari Metropolitan Area Network, MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umunya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan, Misalnya kantor-kantor pemerintahan yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN. Jaringan MAN dibangun dengan tujuan agar beberapa lembaga atau intansi dapat sallimg berbagi data. Misalnya kantor pajak dapat berbagi data dengan kantor dinas pertahanan dan lain sebagainya.

3. Jaringan WAN
WAN atau Area adalah jaringan komputer yang mencakup sebuah negara atau benua , WAN banyak digunakan oleh perusahaan besar dunia yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak diberbagai belahan dunia. WAN juga digunakan oleh negara negara yang telah maju untuk menghubungkan database dari satu daerah kedaerah yang lain.

Update !!!
4. Jaringan PAN
Personal area network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat,  hanya dalam beberapa meter saja. PAN atau Personal Area Network merupakan titik akses keberbagai perangkat  pribadi seperti komputer, telpon, ponsel, televisi.

sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet. Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan  untuk Teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire. PAN atau Personal. Baca juga : Pengertian Wifi dan Fungsinya

Area adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer,Jangkauan dari PAN biasanya hanya beberapa meter. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasiintrapersonal).

Kegunaan Personal Area Network

1) Menghubungkan perangkat-perangkat komputer
2) Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri  (komunikasi personal)
Contoh Penggunaan Jaringan PAN Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan  Bluetooth. Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan  Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan  Bluetooth.

Disamping itu Personal Area Network (PAN) merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut.

Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PANs dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink). Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire. A wireless personal area network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigBee.
Mungkin sekian dari saya mengenai pengertian jaringan LAN MAN dan WAN, semoga bermanfaat.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Pengertian LAN MAN WAN dan PAN beserta Gambarnya

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Tweet

Label: