Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Sejarah perkembangan komputer -  Komputer yang kita gunakan sekarang ini merupakan hasil perkembangan dari komputer-komputer jaman terdahulu. Mengingat kebedaannya yang suah lama, tentu mengalami beberapa perkembangan. Oleh karena itu selepas kita membahas pengertian dan sejarah internet di dunia dan Indonesia. Kita akan membahas sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi (1-5) dengan secara singkat namun jelas. 

1. Sejarah Komputer Generasi Pertama
Sejarah Komputer generasi pertama dikembangkan dengan karakteristik bahwa komputer tersebut dibuat dengna tujuan melakukan pekerjaan tertentu yang spesifik. Komputer sulit di program dan memiliki kecepatan yang dibatasi, komputer pertama menggunakan tabung vakum dengan jumlah besar dan mengakibatkan komputer berukuran besar. Untuk menyimpan data-data komputer menggukan silinder magnetic. Selain ukuran yang besar, komputer generasi pertama juga menggunakan daya yang besar. 

sejarah komputer
Komputer Generasi Pertama

2. Sejarah Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1948, tiga orang fisikawan amerika yang bekerja di Bell telephone laboraties, Walter Houser Brattain, John Bardeen, dan William Bradford Shockley berhasil menemukan transistor sebuah peralatan elektronik yang terbuat dari material semikonduktor. Transistor kemudian digunakan untuk menggan fungsi tabung vakum di komputer, televisi, dan radio.


Sejarah Komputer
Transistor

Penggunaan transistor untuk menggantikan tabung vakum membawa perubahan yang sangat besar pada ukuran dan komsumsi daya komputer. Ukuran komputer menjadi lebih kecil dan daya yang dibutuhkan menjadi lebih hemat. Oleh karena itu, tiga orang penemu tersebut menerima hadiah nobel pada tahun 1956.
Pada awal tahun 1950-an International Bussines Machines (IBM) Corporation berhasil menggabungkan memori inti magnetic , komputer mulai menggunakan memori inti magnetic pada tahun 1960-an bersamaan dengan digunakannya transistor di komputer, memori inti magnetic digunakan sampai tahun 1970-an.
Penggunaan memori inti magnetic dan transistor bersama-sama menghasilkan komputer yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih efesien untuk digunakan dibandingkan dengan komputer pendahuluya. 

3. Sejarah Komputer Generasi Ketiga
Sejarah perkembangan komputer Transistor sukses menggantikan tabung vakum dan memberikan kontribusi penting dalam memberikan kontribusi penting dalam perkembangan komputer, Namun transistor mempunyai kelemahan yaitu menghasilkan panas yang berpotensi merusak bagian-bagian komputer lainnya.
Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur elektro Amerika menemukan sirkuit terintergasi (IC: Integated Circuit) IC dibuat dengan cara mengombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa, kemudian para ilmuan berhasil memasukan lebih banyak komponen kedalam satu chip tunggal. 

sejarah perkembangan komputer generasi pertama sejarah perkembangan komputer di indonesia sejarah perkembangan komputer pdf sejarah perkembangan komputer generasi 1-5 sejarah perkembangan komputer ppt sejarah perkembangan komputer sebelum tahun 1940 sejarah perkembangan komputer dan internet sejarah perkembangan komputer generasi ketiga
IC Circuit

4. Sejarah Komputer Generasi Keempat
Setelah ditemukan chip, perkembangan komputer semakin cepat, ilmuan komputer kemudian berhasil menyusun chip-chip dalam sebuah sirkuit dan menghasilkan microprocessor. Microprocessor pertama adalah Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971. Microprocessor tersebut dibuat untuk digunakan pada kalkulator. Intel 4004 terbuat dari 2300 transistor dan dapat melakukan 60.000 perhitungan perdetik.
Microprocessor pertama yang digunakan pada komputer adalah Intel 8008 yang dibuat pada tahun 1972. Intel 8008 terdiri dari 3.300 transistor kemudian pada tahun 1974 Intel mengeluarkan microprocessor 8080 yang terdiiri dari 4.500 transistor dan dapat menjalankan 200.000 operasi perdetik . 

sejarah perkembangan komputer secara singkat sejarah perkembangan komputer generasi pertama

Pada tahun 1989 intel mengeluarkan microprocessor yang terdiri dari 1,2 juta transistor dan dapat menjalankan 20 juta operasi perdetik.
Pada tahun 1990 jumlah transistor dalam sebuah microprocessor bertambah menjadi dua kali lipat setiap 18 bulan, pertambahan jumlah transisror tersebut sesuai dengan prediksi sebelumnya dari perintis semikonduktor Amerika Gordon Moore.

Pada tahun 1965, moore memprediksi bahwa jumlah transistor di chip komputer akan bertambah dua kali lipat dalam setiap 24 bulan.

Pada pertengahan tahun 1990-an chip dari intel Pentium pro mengandung 5,5 juta transistor, UltraSparc-II keluaran Sun Microsystem mengandung 5,4 juta transistor, Power PC620 yang dikembangkan bersama oleh Apple dan Motorola mengandung 7 juta transistor, dan Alpha 21164A milik Digital Equipment Corporation mengandung 9,3 juta transistor.
Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan penggunaan PC untuk menggunakan dirumah kantor dan sekolah, jumlah PC yang digunakan menlonjak 2 juta unit ditahun 1981 menjadi 5,5 juta unit, di tahun 1982 terdapat 65 juta unit PC digunakan.
Perkembangan teknologi pengertian jaringan komputer menyebabkan komputer-komputer yang ada kemudian dihubungkan dengan jaringan-jaringan lokal / Jaringan LAN dan jaringan internet.
www.google.com

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Tweet

Label: