Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet - Teknologi Informasi dan komunikasi saat ini telah terbukti sebagai sarana informasi yang dapat diandalkan. Kebutuhan akan Informasi semakin meningkat sehingga kebutuhan tersebut berdampak dengan meningkatnya pengguna internet di dunia. Banyak perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses internet seperti handphone, smartphone, laptop dan komputer. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas apa saja perangkat keras yang diperlukan untuk mengakses internet.

Baca juga : Macam-macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

1. Modem
Modem  adalah singkatan dari modulasi-modulasi. Fungsi utama dari modem adalah mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog / sinyal suara dan sebaliknya mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Ketika sebuah perangkat komputer mengirimkan data ke internet, modem akan mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dengan demikian sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telpon.

Ketika modem menerima data dari internet, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telpon menjadi sinyal digital, sehingga komputer dapat membaca sinyal tsb. Dengan cara ini modem dapat membuat beberapa komputer saling terhubung dengan menggunak kabel telpon dan jaringan internet.

perangkat keras untuk mengakses internet beserta gambar dan fungsinya

Jenis-jenis Modem
Modem memiliki dua jenis yang sekarang beredar di pasaran, yaitu modem internal dan modem eksternal. Perbedaan di antara dua modem tersebut adalah dari pemasangan nya. Modem internal di pasang di dalam motherboard komputer, sedangkan modem eksternal dipasang diluar komputer.
Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya yang relatif murah sedangkan kelemahannya adalah dari pemasangan yang sulit dan tidak dapat dipindah-pindah kecuali harus membuka cassing komputer.

Adapun keuntungan menggunakan modem internal adalah pemasangan yang mudah dan dapat dipindahkan ke komputer mana saja yang kita inginkan, kelemahannya adalah harga yang lebih mahal.

2. Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau Lan Card adalah salah satu perangkat keras untuk mengakses internet. Apabila kita ingin komputer yang kita gunakan bisa terhubung dengan komputer yang lain, kita harus menggunakan kartu jaringan. Sekarang ini banyak motherboard yang telah dipasangi Lan Card sehingga kita tidak perlu lagi membeli secara terpisah.

perangkat keras untuk mengakses internet dial up

3. Bluetooth
Bluetooth adalah salah satu teknologi komunikasi nirkabel (tanpa kabel) yang beroperasi pada pita frekuensi 2.4 GHz. Bluetooth sendiri dapat berupa card atau USB adapter yang dipasang pada sebuah perangkat phone, PDA, Headset, kamera printer, printer, router dll. Biasanya bluetooth digunakan untuk jaringan lokal nirkabel. Bluetooth mempunyai kemampuan untuk mentransper data sampai jangkauan 100 meter.

4. Kartu WiFi
Kartu Wifi adalah salah satu dari macam-macam perangkat keras komputer yang dapat digunakan untuk mengakses internet. WiFi berfungsi untuk menangkap sinyal Wifi dari sebuah jaringan WiFi. Jaringan WiFi memungkinkan kita untuk mengakses internet. biasanya sinyal WiFi terdapat di Kampus, Area Perkantoran, Restoran,Hotel, Kampus, Bandara, Mall dan lain-lain.

Sekarang perusahaan Telkom memberikan satu fasilitas yang dinamakan wifi.id. Banyak orang yang mulai menggunakan fasilitas ini karena harganya yang murah dan kecepatan yang memuaskan. Jika Anda belum tahu bagaimana cara mendaftar wifi.id silahkan kunjungi artikel : cara daftar wifi.id gratis

Pada komputer atau laptop biasanya sudah dipasang kartu WiFi, sehingga kita tidak perlu lagi mambelinya secara terpisah, kecuali jika anda menginginkannya.

perangkat keras untuk mengakses internet beserta penjelasannya

Diatas adalah beberapa perangkat keras komputer untuk mengakses internet, semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung, dan jangan lupa dishare + Like ya....

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Tweet

Label: