Pengertian Url Fungsi dan Contohnya

Pengertian Url Fungsi dan Contohnya - World Wide Web yaitu koleksi besar file elektronik yang tersimpan di jutaan komputer di seluruh dunia. Uniform Resource Locators atau URL yaitu alamat yang di gunakan untuk menemukan file. Semua informasi yang terkandung dalam URL memberikan kekuatan untuk berpindah dari satu halaman situs pada situs lainnya dengan hanya satu klik. Pada saat anda mengetikan URL di browser atau klik link hypertext, browser akan mengirim permintaan ke komputer server web, untuk mendownload satu atau lebih file. Dan setiap URL unik, mengidentifikasi satu file tertentu.
pengertian url dan contohnya, pengertian url dan fungsinya
URL
Berikut adalah ciri yang khas dari URL?

Mengenal Bagian-bagian URL

Bagian pertama dari URL ( sebelum dua garis miring ) memberitahu jenis sumber daya atau metode akses di alamat itu dan juga sebagai contoh http:, ftp: dan file:.
http: Adalah dokumen hypertext atau direktori
ftp: Adalah file yang tersedia untuk di-download atau direktori file tersebut news : newsgroup
file: Adalah file yang disimpan pada penyimpanan komputer anda.

Bagian kedua kebanyakan merupakan alamat komputer di mana data atau server berada. Bagian penambahan bisa saja memastikan nama file, port untuk menghubungkan ke dalam database, atau text untuk mencari dalam database.

Bagian-bagian dari URL

URL paling lengkap umumnya terdiri dari tiga komponen : protokol, nama website, dan path absolut ke dokumen atau sumber daya, seperti yang ditunjukkan pada url di bawah ini.
http:// www.example.com /2011/samples/first.html
Hal penting pertama yang dilakukan yaitu URL memastikan protokol mana yang akan digunakan untuk transaksi tertentu. Aturan HTTP membiarkan server tahu untuk memakai Hypertext Transfer Protocol, atau masuk ke dalam "modus web" www.example.com

Untuk bagian berikutnya dari URL adalah mengidentifikasi web dengan nama domainnya. Dalam contoh ini, nama domain yaitu example.com. www di bagian awal merupakan nama host tertentu di domain tersebut. Nama host "www" sudah menjadi sebuah kesepakatan. Namun, terkadang nama host dapat dihilangkan, tergantung pengaturan dari adminnya sendiri.

Ada juga yang lebih dari satu situs di domain (atau yang lebih dikenal dengan subdomain). Contohnya Pintarkomputer.blogspot.org, clients.example.org, dan sebagainya. develoved disini sebagai nama web blogspot.com sebagai subdomain, .org sebagai domain nya. Selain .org dan .com, ternyata masih banyak nama-nama domain yang bisa anda gunakan. Dan nama-nama domain tersebut bisa menjadi ciri khas dari website anda. Dari pada anda bingung silahkan baca artikel "Nama Nama Domain Negara"

Bagian URL

/2012/samples/first.html
Ini merupakan path absolut melewati direktori pada sebuah server ke dokumen HTML yg diminta, first.html. Kata-kata dipisahkan oleh garis miring merupakan nama direktori, dimulai dgn direktori root dari host (seperti yang ditunjukkan oleh awal /), menyampaikan mau memakai protokol HTTP utk mengakses ke server situs di Internet dinamakan www.example.com dan meminta first.html dokumen (terletak di direktori contoh yang ada di direktori 2012).

Sebahagian dari URL yg dapat menggunakan awalan/start dgn http, yg merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, metode yg file HTML yg ditransfer lewat Website. Berikut ialah sekian banyak hal-hal lain utk mengetahui mengenai URL :

Suatu URL umumnya tidak mempunyai spasi.
Sebenarnya penulisan URL tidak sensitif pada huruf besar atau kecil. Jadi jika kita mengetik url dengan mengetik "http://www.PintarKomputer.Org" atau "HTTP://WWW.PINTARKOMPUTER.ORG" atau variasi huruf besar dan kecil maka url tersebut akan menuju ke halaman yang sama.

Namun apabila mengetik URL salah maka, browser tidak akan bisa menemukan website atau sumber yang inginkan. Untuk penulisan yang salah, jika anda ingin mengakses situs ini maka anda harus mengetik di andress bar dengan www.pintarkomputer.org, namun jika anda mengetik www.pintarkomputer.co maka anda akan menuju ke blog orang orang lain, atau mungkin anda akan di redirect ke mercusuar.
Mungkin itu saja dari saya mengenai pengertian url dan fungsinya, semoga bermanfaat sampai ketemu lagi dalam pembahasan selanjutnya, terimakasih sudah mampir, wassalam.

Label: