Fungsi ISP (Internet Service Provider) Dalam Akses Internet

Fungsi ISP (Internet Service Provider) - Jaringan Internet bekerja melalui saluran komunikasi, yaitu saluran telepon maupun sarana yang sediakan oleh penyedia akses internet atau yang lebih dikenal dengan nama ISP atau internet service provider.

ISP berperan dalam memberikan layanan konektivitas internet bagi pelanggan rumah, instansi maupun perusahaan-perusahaan melalui struktur yang mereka miliki. Saat ini telah banyak berdiri ISP yang terbesar di kota-kota Indonesia, antara lain PT.Telkom yang beralamat di www.telkom.net.id, RADNET yang beralamat di www.rad.net.id, Meganet yang beralamat di mega.net.id, PT.Indosat yang beralamat www.indosat.net.id. wifi.id

fungsi isp ( internet service provider)

Di Indonesia, Asosiasi yang menaungi perusahaan internet service provider dinamakan APJII atau (Asosiasi penyelenggara jasa internet Indonesia) informasi mengenai APJII dapat ditemukan melalui www.Apjii.or.id

Biasanya kita harus mendaftarkan diri kepada ISP setempat agar komputer kita dapat berkomunikasi dengan internet, Selain itu ISP menawarkan pula perangkat keras komputer dan perangkat lunak yang diperlukan dalam instalasi internet mulai dari modem standar, kabel, modul dan sebagainya.

Baca juga : Sejarah Internet

Apabila belum ada perusahaan ISP di kota terdekat, Anda bisa langsung mengakses internet tanpa mendaftarkan yaitu dengan menggunakan telkomnet instan atau telkomnet. Pada saat mendaftarkan diri kita akan diberikan:
a. Sebuah nomor telepon untuk kebutuhan akses IP address dan subnet Mask alamat komputer kita 202.154.4.78 yang beralamat www internic.net dan yang bertanggung jawab atas IP address ini.
b. Sebuah Hostname dan Domain Name simbol praktis untuk komputer kita misalnya www.pintarkomputer.org
c. Sebuah alamat server atau DNS (Domain Name System) untuk keperluan pelayanan perusahaan layanan akses internet.
d. Sebuah user ID dan password untuk kata kunci dalam mengakses komputer kita.

Secara umum di Indonesia menggunakan teknologi sebagai berikut:
a. Sambungan ke internet menggunakan kecepatan yang sangat tinggi. Di Indonesia menggunakan kecepatan hingga beberapa Gbps.
b. Sambungan internet disambungkan router semisal Cisco atau Juniper Network, Router ini digunakan untuk mengatur komunikasi antara internet dan pelanggan. baca juga pengertian router dan fungsinya
c. Biasanya ISP digunakan untuk keperluan dan sebagainya yang menggunakan sistem operasi yang bersifat open source.

gambar by https://leondreyes.com

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Fungsi ISP (Internet Service Provider) Dalam Akses Internet

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Tweet

Label: