Pengertian Simulasi Visual 3D dan 2D

Pengertian Simulasi Visual 3D dan 2D - Simulasi Visual adalah video animasi 3D (3 Dimansi) yang mewujudkan ide dan gagasan secara visual (dapat dilihat dengan mata) untuk memecahkan suatu masalah yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam menyampaikan gagasan diharuskan memiliki kemampuan memvisualkan materi informasi agar menjadi sarana komunikasi yang lebih mudah disampaikan dan dicerna.

Proses Pembuatan Simulasi Visual 3D san 2D
Cara membuat animasi 3D terdiri atas proses: ide gambar, pemodelan, texture, menganimasikan terakhir merender (rendering). Pemodelan 3D mencakup pola, contoh dan sesuatu yang akan dibuat. Pembuatan animasi 3D memiliki tahap-tahap pembuatan yang panjang akan tetapi model dapat disimpan, dilihat dari berbagai sudut pandang dan proses animasinya menjadi mudah.

Animasi 3D merupakan teknik yang paling populer untuk memvisualisasikan gagasan dan informasi lainya. Biasanya animasi 3D dibuat untuk membuat film animasi

Sementara itu, pembuatan animasi 2D, objek/karakter bisa di kerjakan dalam waktu singkat namun justru menganimasikannya membuthkan proses yang panjang karena harus dilakukan berulang-ulang.

Aplikasi untuk membuat animasi 3D yang bisa anda digunakan antara lain 3DsMax, Cinema 4D, Maya, dan Blender. Simulasi Visual menggunakan perangkat lunak Blender karena merupakan aplikasi gratis dengan file instalasi yang tidak besar. Aplikasi Blender dapat di instal di sistem operasi Linux, Windows dan Mac. Baca juga : Pengertian Simulasi Digital

Gambar di bawah ini adalah hasil cuplikan gambar dari contoh video simulasi visual tentang visualisasi pemijahan ikan gurame, video tersebut mampu menvisualkan kehidupan ikan di dalam air sehingga terlihat nyata.

Pengertian Simulasi Visual 3D dan 2D
Pemijahan Ikan Gurame


Fungsi Simulasi Visual
Simulasi visual berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan pemikiran atau konsep dalam bentuk simulasi dalam format digital. Bentuk simulasi visual biasa kita jumpai pada iklan, presentasi produk dan visual guide. Simulasi visual sangat membantu para penonton untuk lebih jelas menerima informasi. Visual guide biasa ditemukan dalam pembuatan tutorial atau proses kerja suatu dan bagaimana penggunaan serta perawatannya. Kemajuan teknologi grafik animasi 3D mendukung tampilan untuk menjelaskan suatu kejadian atau proses secara lebih nyata dan rinci.

Manfaat Simulasi Visual
Era digital modern menuntut konten yang bukan hanya sekadar sebuah teks dan gambar grafik 2D. Hal ini didukung oleh perangkat lunak untuk membuat animasi 3D yang sangat beragam. Perangkat elektronik seperti smartphone, laptop dan lain-lain sudah mampu membaca berbagai bahan ajar digital seperti ebook (buku elektronik) dengan ekstensi format file *epub (electronic publication) yang di dalamnya tidak hanyaberupa saja, melainkan juga mampu membaca gambar dan format video. Dalam hal ini, tentu simulasi visual 3D dapat membuat konten pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Dalam artikel selanjutnya kita akan membahas cara membuat simulasi visual menggunakan perangkat lunak yang bernama Blender .

Kesimpulan
- Ilustrasi secara visual akan memudahkan pencernaan informasi yang diterima.
- Simulasi visual berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan atau konsep dalam bentuk visual rekaan dalam format digital.
- Aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat simulasi visual adalah Blender, sebuah perangkat lunak GRATIS untuk pembuat animasi 3D opensource.
- Simulasi visual pada biasanya digunakan untuk membuat 3D visualization pada produk atau presentasi obyek berbasis 3D.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Pengertian Simulasi Visual 3D dan 2D

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Tweet

Label: